Thursday, February 8, 2018

Tutorial membuat bentuk/karakter manusia di blender (rigging)

Tutorial membuat bentuk/karakter manusia di blender (rigging) 


Selamat siang mas brooo... kali ini gue mau bagi-gagi ilmu. Kali ini gue mau bagi ilmu membuat karakter manusia di aplikasi 3D yang cukup terkenal yaitu Blender. Kenapa gue pilih menggunakan blender daripada aplikasi lainya.
Blender adalah aplikasi penggolahan 3D yang sudah umum digunakan di kalangan pemula, karena blender menyediakna menu-menu yang sangat mudah untuk dipelajari.
Sekarang gue akan berikan tutorialnya mudah dan simpel....
Langsung aja gan.....
1. langkah pertama. Pastiin dulu mas bro sudah menginstal aplikasi blendernya. Kalau sudah langsung buka saja aplikasinya. Seperti gambar di bawah ini ya gan...


2. langkah kedua, untuk membuat karakter manusia maka akan lebih mudah jika membuatnya dari kepalanya. Caranya pada menu pilih “Add>Mesh>UV Sphere” maka di layar mas bro akan muncul bola.

3. lalu pindah dari “Objek mode ke Edit mode” . Pilih  bagian bawah lingkaran, Gunakan sift+klik kiri pada mouse atau tekan Control+klik kanan dan putar di atas bagian yang ingin di blok.
Seperti pada gambar di diatas ini.




4. setelah kalian mengngeblok bagian tersebut kemudin extrud bagian yang yang sudah di pilih, dengan cara tekan E kemudian tarik seperti pada gambar di bawah ini. Note: agar lurus setelah menekan E tekan juga tombol X ,Y, Z sesuai dengan arah yang akan di extrud  secara bergantian.


5. kemudian pilih bagian samping dari objek yang sudah di extrud tadi, seperti pada gambar di bawah ini ya, pastikan kanan jumlahnya sama/ ukuranya sama.

6. extrud bagian yang sudah di pilih  dan sesuaikan saja dengan ukuranya jangan terlalu lebar.lihat contoh gambar di bawah ini.
7. lakukan langkah 6 pada bagian lain sisi lain, usahakan kanan dan kiri sama  agar terlihat seimbang, tidak besar/lebar sebelah. Seperti pada gambar berikut.
8. kemudian, buat kakinya caranya dengan mengklik  add>mesh>cylinder sepreti gambar di bawah ini .maka akan muncul tabung  
9. sesuaikan bentuk tabung seperti pada gambar dan letakan dibawah tubuh karakter ,atau mas bro bisa mengkteasikanya sendiri...
10. setelah selesai pilih bagian bawah tabung dan extrud ke bawah seperti pada gambar,  tekan E+Z panjan g dari kaki disesuaikan aja ya..., kemudian bentuk kakinya dengan cara di extrud
11. setelah kakinya jadi, kemudian buat kaki yang sebelah, agar sama kanan dan kiri juga karena gue juga males buat nyamain kakinya maka gue ambil langkah cepatnya yaitu dengan di duplikat. Pada dasarnya duplikat adalah menganddakan objek agar sama bentuk,warna,ukuran,dsb. gambar duplikat bersifat sama seperti gambar aslinya jadi dapat diedit seperti gambar asli tidak seperti gambar mirror yang langsung mengikuti gerakan gambar aslinya.tekan shif+D untuk menduplikatkan gambar. Nah.... seperti ini jadinya gambar yang sudah diduplikat , sama kan...
12. kemudian membuat tangan karakternya. Caranya sama dengan no 8 yaa... kemudian rotasikan tabungnya.caranya dengan menekan R dan gerakan mousnya. Agar memudahkan mas bro tekan R+X+90 maka secara otomatis tabung akan berputar 90 derajat dengan titik rotasi sumbu X. Hasilnya seperti gambar berikut.
13. setelah selesai maka duplikatkan tangan langkahnya sama dengan langkah no 11,kemudian rotasikan gambarnya untuk menyesuaikan posisi dan bentuknya caranya sama dengan langkah no 12
14. maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Kemudian sekarang gue mau menambahkan tulang pada objeknya, kenapa harus diberi tulang? Seperti halnya manusia karakter juga memiliki tulang ,tulang pada katrakter digunakan untuk mempermudah pergerakan dari karakter sehingga  pembuatan animasi atau film dapat dipermudah.

15. cara menambahkan tulang pada karakter sangatlah mudah. Mas bro simak yaa..        
Caranya pertama keluar dari edit mode dan masuk ke objek mode, kemudian klik add>armatur>single bone . maka akan muncul tulangya seperti pada gambar di bawah ini . jangan heran jika yang muncul bukan tulang seperti tulang manusia yaa...
16. langkah selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran bonenya, kemudian masuk ke edit mode. Kemudian klik ujung ujung bola dari tulang tersebut tekan E (extude) untuk menambahkan bone . lalu tarik sesuai dengan yang diinginkan (note: semakin panjang bone maka bone akan bertambah besar dan bisa keluar dari karakter

17.untuk mempermudah pengeditan maka aktifkan x-ray,lakukan langkah di bawah ini
18. kemudian untuk menggerakan badanya pilih pose mode.
19. langkah selanjutnya select/pilih tulang(bone) dan karakter nya menjadi seperti di bawah ini dengan menekan tombol shift
20. kemudian tekan ctrl+p sehingga muncul pilihan seperti pada gambar dibawah ini, pilih “with automatic weights”.


21. maka hasilnya akan seperti ini, untuk menggerakkanya klik masuk ke pose mode dan klik salah satu bonenya dan klik kiri  tahan dan gerakan, maka jadilah karakternya.....:)


1 comment:

Contoh pembuatan Scrap Book

selamat siang mas bro... kali ini gue mau bagi refrensi tugas, pastinya kalian pernah diberi tugas untuk membuat screp book disini gue mengi...